Alun Alun Kidul Yogyakarta

Mei 09, 2020
Alun Alun Kidul Yogyakarta


Kota Jogja ini punya beberapa spot yang menawarkan kenyamanan dan kerinduan dalam balutan malam. salah  satunya adalah Alun-Alun Kidul atau Alun-Alun Selatan.


Dalam tata arsitektur tradisional Jawa dikenal istilah Catur Gatra Tunggal, artinya empat elemen dalam satu kesatuan. Hal ini bisa di lihat dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tempat berdirinya kraton, masjid, alun - alun, dan pasar. Masing-masing sebagai pusat kekuasaan, ibadah, kegiatan rakyat, dan  ekonomi. Yogyakarta mempunyai 2 alun-alun, satu ada di depan keraton yang disebut Alun-Alun Utara (alun-alun lor), satu lagi ada di belakang yang disebut Alun-Alun Selatan (alun-alun kidul). Letak keraton Yogyakarta sendiri berada di sebuah garis imajiner yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton, dan  Pantai Parangtritis.

Alun-Alun Selatan yang dulunya dipergunakan sebagai arena untuk menguji ketangkasan Prajurit Keraton kini telah di alih fungsikan sebagai sarana ruang publik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar. Alun - alun Kidul Yogyakarta dikenal dengan nama Alkid dipercaya sebagai tempat istirahat ( palereman ) bagi para dewa. Karena itu alun-alun tersebut sekarang ini banyak digunakan orang untuk tempat menentramkan pikiran dan hati banyak orang.

Saat ini Alun – alun kidul adalah tempat yang terbuka dan berfungsi sebagai ruang publik dan  tempat hiburan untuk masyarakat. sebagai sebuah ruang publik, tentunya untuk berkunjung ke Alun-Alun Kidul atau kerap disebut dengan Alkid ini kita tidak dikenakan biaya sama sekali untuk perihal retribusi. Kamu cukup datang dengan bermodalkan pakaian yang cukup hangat sehingga mampu menangkal angin malam dan sejumlah uang untuk membeli berbagai macam jajanan yang tersedia di sana. waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Alun-Alun Kidul ini tentunya pada waktu sore hari menuju malam.

Beranjak malam, suasana berubah. Anak-anak kecil telah pulang digantikan muda-mudi yang datang untuk menghabiskan malam. Semakin malam suasana semakin ramai. Sepeda tandem dan odong-odong berlampu menjadi favorit pengunjung. Kamu bisa berkeliling alun-alun kidul ini dengan menyewa odong-odong penuh lampu yang menghiasi, bisa muat hingga 6 orang dan sepeda tandem. sembari berolahraga malam mengayuh pedal, menjadi sensasi tersendiri saat kita mengemudikannya menerobos kemacetan jalanan.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Alun Alun Kidul :
- Masangin. Hal pertama dan  utama yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke Alkid adalah melakukan permainan masangin.
- Naik Sepeda Tandem & Odong-odong.
- Ngangkring & Lesehan.
- Wisata kuliner.

Jam Buka : 24 Jam

Lokasi Alun Alun Kidul
- Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Jangan lupa lihat artikel menarik lainnya yaa :

Bukit Gancik Boyolali
Bunker Kaliadem

Artikel Terkait

Previous
Next Post »