Bunker Kaliadem Jogja

Mei 10, 2020
Bunker Kaliadem Jogja


Jogja terkenal dengan gunung Merapi. salah satu wisata yang sangat recommended untuk menikmati keindahan Gunung Merapi adalah Kaliadem. Kaliadem Merapi ini merupakan kaki Gunung Merapi yang menyimpan keindahan alam sangat luar biasa.


Wisata Kaliadem lebih dikenal dengan wisata bunker. Disini ada sebuah bunker yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Fungsi utama dari bunker ini adalah sebagai tempat berlindung di waktu gunung Merapi meletus. namun sayangnya bunker ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Letusan gunung Merapi yang sangat dahsyatnya pada tahun 2006 telah meluluhlantakkan bunker ini.

Ketika berada di sekitar Bunker Kaliadem wisatawan akan ditakjubkan dengan gagahnya Gunung Merapi, yang bahkan nampak sekali hijau pohonnya dengan garis-garis alur pohon yang nampak menghitam, belum lagi permukaan gunung yang sesekali ditutupi kabut, indah kawasan asri nan sejuk pun seakan menetralisir tanah yang padahal gersang dan  banyak bebatuan vulkanik.

Ada jasa layanan lava tour untuk rute pendek lava tour memasang tarif Rp 350.000/ kelompok dan untuk yang rute panjang lava tour dikenakan tarif sebesar Rp 650.000/ kelompok.


Ketika kamu sudah capai wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta, kamu akan diajak untuk menyaksikan kawah dari Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas saat cuaca cerah. oleh sebab itulah, sebagai tips kedua lainnya adalah selain membawa pakaian tebal yakni mengunjungi wisata tersebut dengan baju tebal namun juga memperhatikan waktu kunjungan.

Yang dimaksud dengan waktu kunjungan yang baik adalah dengan menghindari musim hujan dimana akan besar  kemungkinan akan turun hujan. Selain medan menuju wisata Bunker Kaliadem Jogjakarta akan lebih sulit, alasan keduanya adalah kamu tidak akan dapat menyaksikan dengan jelas Gunung Merapi dengan lebih jelas.

Fasilitas Yang Tersedia di Bunker Kaliadem :
- Warung makan
- Pemandangan merapi yang indah
- Paket Lava Tour menggunakan jeep dengan durasi 2 – 4 jam
- Museum yang berisi benda-benda peninggalan yang terkena erupsi
- Spot foto menarik
- Area parkir

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem :
- Retribusi : 10.000
- Parkir Motor : 5.000
- Parkir Mobil : 10.000

Jam Buka Bunker Kaliadem : 24 Jam

Lokasi Bunker Kaliadem :
- Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Jangan lupa lihat artikel menarik lainnya yaa :

Rebo Pungkasan Jogja
Puncak Kosakora Gunungkidul

Artikel Terkait

Previous
Next Post »