Wedang Uwuh Imogiri

Mei 04, 2020
Wedang Uwuh Imogiri


Di sekitar Makam Raja Mataram yang terletak di daerah Imogiri Yogyakarta, terdapat sebuah minuman unik nan menyehatkan, yaitu Wedang Uwuh. Wedang Uwuh merupakan minuman khas Imogiri, Wedang uwuh ini disajikan panas atau hangat yang memiliki rasa manis dan berwarna merah karena adanya secang.


Wedang adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah, namun jangan dianggap remeh wedang uwuh ini menyimpan banyak cerita dan khasiat. Beberapa jenis daun yang digunakan untuk membuat minuman ini berasal dari komplek makam Raja Mataram.

Minuman Khas Imogiri Bantul Yogyakarta ini merupakan minuman tradisional yang sekarang mekin populer dan di cari banyak orang. Apalagi tak sedikit produk minuman ini yang dibuat instan dan  banyak dijual secara online pada internet.

Meskipun kemasan wedang ini agak berbeda dengan produk minuman kemasan lainnya. Selain tidak dibuat serbuk, produk minuman rempah ini masih dalam bentuk herbal asli sehingga terkesan seperti sampah.

Wedang uwuh juga populer dengan sebutan teh uwuh karena cara membuatnya yang mirip yaitu menggunakan diseduh air panas. Wedang Uwuh ini bukanlah minuman biasa, karena dibuat dari bebagai macam jenis herbal dan khasiat Wedang Uwuh untuk kesehatan sudah banyak teruji.

Aroma rajikan Wedang Uwuh ini sangat khas terutama sebelum di seduh. Sesudah diseduh minuman akan berwarna kemerahan yang dari berasal kayu secangnya. Rasanya pun manis dan pedas khas herbal. Wedang Uwuh ini berwarna merah berasal dari kayu secang.

Khasiat Wedang Uwuh ini dari beberapa macam bahan seperti :
- Kapulaga kaya akan kandungan protein, minyak atsiri, gula dan mineral penting lainnya. Kapulaga ini berkhasiat untuk obat batuk.
- Jahe berkhasiat untuk antioksidan, mengatasi mual dan muntah.
- Daun dan Kayu Manis berkhasiat untuk menjaga pencernaan, nemurunkan berat badan dan banyak nutrisi.
- Akar dan Daun Sereh berkhasiat untuk mengurangi kecemasan, mengurangi resiko kangker, anti peradangan, dan detoksifikasi tubuh.
- Kayu Secang berkhasiat untuk mengobati deabetes, kaya akan flavonoid, meningkatkan imun tubuh dan bersifat antialergi.
- Cengkeh berkhasiat untuk mengobati tukak lambung, mengatasi sakit gigi, mencegah rambut rontok dan meredakan nyeri.
- Daun dan Buah Pala berkhasiat untuk mengatasi insomia, menambah nafsu makan, mengatasi mag dan meningkatkan kesehatan otak.

Lokasi : Dekat Kompleks Makam Raja Raja Imogiri, Bantul, Yogyakarta.



Jangan lupa lihat artikel menarik lainnya yaa :

Tugu Jogja
Puncak Becici

Artikel Terkait

Previous
Next Post »