Tugu Jogja

Mei 04, 2020
Tugu Jogja


Jogja begitu banyak tempat yang memiliki daya tarik tinggi untuk dijadikan obyek wisata. Mulai dari nilai sejarahnya yang patriotik, unik, aneh dan yang pasti, seluruh tempat itu memiliki eksotisme untuk diabadikan dengan kamera. Hasilnya, kota ini bertaburan daerah wisata dengan pengunjung yang tak berhenti mengalir dari hari ke hari.

Keunikan lain Jogja adalah tempat wisatanya yang bertebaran di segala penjuru. Kota ini seperti dilahirkan sebagai kota sejuta pesona. Kamu bahkan bisa menikmati puluhan tempat wisata dengan kisahnya masing-masing di sekitar Malioboro. Ya, bahkan di jantung kota, ada beragam tempat yang bisa kamu datangi dengan pesonanya masing-masing.


Tugu Jogja merupakan Kota Yogyakarta yang paling terkenal, monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad ini memiliki arti yang sangat  dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah Kota Yogyakarta.

Tugu Jogja berdiri setahun setelah Kraton Yogyakarta. Pada saat awal berdirinya, bagunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawulo Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajah. Semangat persatuan atau yang disebut golong gilig itu tergambar jelas di bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig.

Jika kamu ingin memandang Tugu Jogja sepuasnya sembari mengenang makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu pada pojok Jl. Pangeran Mangkubumi. Pukul 05.00 - 06.00 pagi hari merupakan saat yang tepat, saat udara masih segar dan belum banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang.


Kini bukan hanya menjadi tempat yang memiliki kekuatan mistis tetapi telah menjadi obyek wisata. Sore dan malam hari, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari segala penjuru untuk berfoto atau menikmati suasana khas Jogja yang terpancar dari tempat ini. tata lampu yang apik dan keramaian yang melingkari tugu bakal menjadi latar foto yang luar biasa. Uniknya, meski berada di tengah perempatan nan ramai tetapi kamu tetap bakal bisa berfoto ria atau selfi sepuasnya di sini. Kamu bahkan bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju Tugu sembari menikmati sore yang romantis kota ini.

Fasilitas Yang Ada di Tugu Jogja
- Tempat Duduk
- Kafe
- Spot Foto
- Tempat Parkir

Harga Tiket di Tugu Jogja
- Masuk : Gratis
- Parkir Motor : Rp 2.000
- Parkir Mobil : Rp 5.000

Jam Buka : 24 Jam.

Lokasi Tugu Jogja
- Cokrodiningratan, Kec Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Jangan lupa lihat artikel menarik lainnya yaa :

Puncak Pinus Becici
Bukit Bintang Jogja

Artikel Terkait

Previous
Next Post »